cara membersihkan ayam

Cara Membersihkan dan Mengolah Daging Ayam Agar Terbebas Bakteri

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang di konsumsi oleh banyak orang. Bahkan banyak sekali bisnis kuliner yang ada saat ini menjadikan daging ayam sebagai bahan utama dalam bisnis mereka.

Beberapa bisnis yang menggunakan bahan dasar ayam seperti bisnis ayam bakar, ayam goreng, ayam geprek dan berbagai macam lainnya.

Tapi tahu gak sih kamu kalau daging ayam itu memiliki banyak bakteri, dan apabila salah dalam pengolahannya dapat berbahaya untuk dikonsumsi.

Tapi jangan khawatir, daging ayam mentah yang masih fresh sebenernya tidak perlu dicuci dengan air juga bisa tetap aman, karena semua bakteri akan mati jika proses memasaknya dilakukan dengan baik dan benar.

Tapi kalau langsung memasak tanpa di cuci membuat kita masih merasa kurang aman, kita bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk menghilangkan kekhawatiran.

Cara Membersihkan Ayam

Cara Pertama :

Rendam daging ayam menggunakan air hangat, proses rendamnya kurang lebih 10  sd 15 menit. Setelah direndam, bilas ayam dengan air mengalir, tujuannya adalah agar bakteri yang masih menempel pada daging ayam terbawa air.

Cara Kedua :

tuangkan sedikit cuka atau jeruk lemon ke daging ayam, lalu biarkan kurang lebih 5 – 10 menit. Cuka dan lemon bisa mengurangi bakteri yang terkandung pada daging ayam. Setelah itu bilas kembali dengan air mengalir.

Setelah dibersihkan dengan salah satu cara tersebut, daging ayam sudah siap untuk diolah atau dimasak. Akan tetapi apabila ayam tidak ingin langsung dimasak. Anda bisa simpan didalam freezer.

Cara Penyimpanan

Pastikan Kamu menyimpan daging ayam yang sudah dibersihkan dengan benar, karena apabila penyimpanannya kurang tepat, Ada kemungkinan bakteri akan muncul kembali dan kualitas dari daging ayam tersebut akan berkurang serta dapat mengakibatkan daging cepat membusuk.

Cara penyimpanan daging ayam yang benar setelah ayam dicuci yaitu dengan meletakkan daging ayam di wadah yang bersih dan tertutup, setelah itu masukkan ke dalam freezer.

Pastikan ayam yang kamu simpan dikonsumsi maksimal 3 hari setelah ayam disimpan di freezer, karena jika disimpan terlalu lama, kualitas dagingnya akan menurun.

Cara Mengolah Daging Ayam

Satu hal yang paling penting agar daging ayam yang akan dikonsumsi tidak membawa bakteri adalah pada saat mengolah daging ayam.

Pada saat ingin mengolah atau memasak daging ayam yang tersimpan di freezer, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Ayam yang baru saja di keluarkan dalam freezer masih dalam keadaan membeku, untuk dapat di masak, cairkan dulu daging ayam yang beku dengan cara memindahkannya ke kulkas bagian bawah. Ingat jangan mendiamkannya di area dapur dengan waktu yang lama, karena itu dapat menyebabkan daging ayam terpapar bakteri lagi.

Setelah daging sudah tidak membeku, keringkan dahulu daging ayam dengan handuk bersih atau tisu. Pada saat memasak, pastikan daging ayam benar – benar matang sebelum ayam di sajikan.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan agar ayam yang kita konsumsi dalam keadaan sehat, higienis dan terbebas dari bakteri.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa beli dan konsumsi ayam yang berkualitas, sehat dan higienis hanya di meyer food.

Download aplikasi meyerfood sekarang.! > https://bit.ly/appmeyerfood

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *