bisnis katering

10 Tips Bisnis Katering Untuk Pemula Agar Bisa Berkembang

Tips bisnis katering seringkali diburu karena memang bisnis satu ini memiliki banyak sekali peminat. Banyak orang beranggapan, memulai bisnis katering merupakan hal terbaik untuk menyalurkan bakat memasak menjadi pundi-pundi uang dengan modal kecil, tapi pendapatan besar.

Source Image : Pinterest

Tips bisnis katering bagi para pemula

Tak bisa dipungkiri, bisnis katering juga masih sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Pasalnya, makanan adalah salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang tak bisa dilupakan begitu saja.

Lantas, bagaimana cara memulai bisnis katering yang mampu meraih sukses di tengah sengitnya persaingan? Berikut ini ada beberapa tips sukses yang bisa Anda coba terapkan ketika memutuskan untuk berwirausaha bisnis rumahan modal kecil satu ini.

  1. Tentukan jenis katering

Diketahui, saat ini ada empat jenis katering yang harus Anda pilih terlebih dulu. Mulai dari katering khusus kantoran, katering khusus acara besar, katering khusus anak sekolah, dan katering khusus rumahan. Tentu saja, pilihan Anda harus berdasarkan jenis yang paling tepat dengan ketersediaan modal yang Anda miliki.

  1. Cari pengalaman di bidang yang sama

Salah satu modal awal yang harus Anda miliki ketika ingin membuka bisnis katering adalah dengan menjadi karyawan di suatu perusahaan katering lain. Dengan begitu, Anda bisa memahami bagaimana rantai konsumen berjalan, pengelolaan keuangan seperti apa yang harus dilakukan dan bagaimana melayani konsumen dengan baik.

Anda bisa saja memulainya tanpa pengalaman apapun. Namun, bisnis Anda akan lebih mudah jika Anda sudah memiliki pengalaman lebih dulu di bidang yang sama.

  1. Tentukan nama brand katering yang sesuai

Brand jadi salah satu faktor utama yang sangat berperan dalam kelangsungan bisnis katering Anda. Pasalnya, nama usaha ini yang akan selalu melekat dan diingat oleh konsumen. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan hal ini secara detail. Mulai dari keunikan, filosofi, hingga kemudahan dalam pelafalan agar diingat konsumen.

  1. Cari supplier terbaik

Tantangan berikutnya bagi Anda yang ingin merintis bisnis katering adalah menemukan supplier bahan makanan terbaik. Pastikan juga, supplier tersebut mampu menyediakan bahan makanan dengan harga miring atau lebih murah ketimbang pasar pada umumnya.

Tanpa adanya supplier yang menawarkan harga murah, maka bisa dipastikan pengelolaan keuangan bisnis Anda akan jadi lebih sulit.

  1. Siapkan modal

Anda harus memahami prinsip, semakin besar modal maka semakin besar keuntungan yang didapat. Dengan modal besar, Anda akan mendapat lebih banyak bahan makanan sehingga berimbas pada jumlah pesanan.

  1. Siapkan modal mental dan tenaga

Layaknya pelayanan jasa lainnya, para pelaku bisnis katering juga harus memiliki mental yang kuat dan tenaga yang besar. Hal ini sangat berguna jika suatu waktu, salah satu konsumen memberikan feedback negatif tentang rasa makanan yang tidak sesuai.

Dengan bermodalkan mental yang kuat, maka Anda tidak akan marah atau putus asa dengan usaha yang telah dirintis sejak awal.

  1. Keterampilan memasak

Sebaiknya, Anda memiliki keterampilan memasak sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis satu ini. Alangkah lebih baik jika Anda mau belajar memasak agar makanan yang diolah bisa semakin enak dan unik. Sebab, saat ini banyak masyarakat yang lebih menyukai makanan unik dan mewah, tapi tetap enak serta murah.

  1. Merekrut SDM yang mumpuni

Tak ada satupun bisnis yang mampu berkembang dengan hanya dilakukan oleh satu orang saja. Sebaiknya Anda mulai memikirkan untuk merekrut karyawan yang terampil.

Jangan pernah ragu untuk mengeluarkan anggaran lebih banyak untuk sekadar membayar karyawan. Percayalah, semakin banyaknya SDM yang Anda miliki, maka kemungkinan bisnis Anda akan berkembang pun jadi kian besar.

  1. Pilih strategi promosi yang paling efektif

Tahukah Anda, promosi yang sampai saat ini masih sangat efektif adalah promosi dari mulut ke mulut. Namun, apakah Anda yakin hanya akan menggunakan strategi lawas seperti ini? Tentu saja tidak, jika Anda ingin bisnis satu ini berkembang jadi lebih besar, bukan?

Jadi, mulailah untuk memikirkan strategi promosi yang jauh lebih modern. Salah satunya melalui media sosial ataupun website. Dengan begitu, Anda akan menjangkau konsumen yang jauh lebih luas.

  1. Memperhatikan kesegaran makanan yang disajikan

Tips bisnis katering yang terakhir adalah memperhatikan kesegaran makanan yang disajikan. Makanan merupakan produk yang paling mudah basi jika tidak diatur dengan baik. Ketika bisnis Anda telah berkembang menjadi lebih besar, maka kini saatnya untuk mulai memikirkan bagaimana caranya mengirim makanan kepada konsumen dengan kondisi yang masih segar.

Tentu konsumen akan semakin percaya dan ketagihan menggunakan jasa Anda jika makanan yang mereka pesan tiba tepat waktu dalam kondisi baik dan masih segar.

Demikian beberapa tips bisnis katering yang jika Anda terapkan dengan baik mampu membawa kebaikan pula dalam kelangsungan bisnis yang Anda jalani. Semoga sukses dan jangan lupa untuk baca artikel bisnis kuliner lainnya hanya di blog meyerfood.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *