bisnis kuliner online dimasa pandemi

Patut Dicoba! 5 Tips Sukses Bisnis Kuliner Online di Masa Pandemi

Masa pandemi memang membuat sebagian besar orang mengalami kehilangan pekerjaan. Bahkan, tak sedikit pula orang-orang yang berusaha mencari kerja pada akhirnya harus menunda karena tak banyak lowongan kerja yang buka. Dengan kondisi demikian, sepertinya kamu perlu mencoba untuk membuka bisnis kuliner online.

Bisnis kuliner online bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Kamu bisa menjual berbagai produk kuliner melalui media social, atau bisa melalui marketplace seperti grab food atau go food. Namun, kamu tentunya memerlukan kiat-kiat untuk dalam menjalankan bisnis kuliner, hususnya di masa pandemi.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan agar sukses membuka bisnis kuliner di masa pandemi?

Berikut ini akan kami berikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis kuliner online.

  1. Tentukan pasar utama

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuka bisnis kuliner online adalah menentukan pasar utama yang hendak kamu sasar nantinya. Hal ini sangat penting buat kamu agar kamu tahu produk apa yang akan kamu tawarkan kepada pasarmu nanti.

Dalam proses penentuan pasar, kamu juga perlu mengetahui kebutuhan pasar saat ini yang paling mendesak dan bisa laku. Akan tetapi, kamu juga harus memikirkan bagaimana produkmu nanti bisa tetap laku dalam jangka panjang.

Selain itu, penentuan pasar ini nanti juga akan menentukan proses promosi dan pemasaran yang akan kamu lakukan. Kalau kamu menyasar anak muda, tentu promosi yang ditawarkan harus lebih kekinian. Namun, kalau kamu menyasar keluarga, tentu promosi yang kamu tawarkan harus berhubungan dengan kebutuhan dan nilai kekeluargaan.

  1. Tentukan produk yang akan dijual

Setelah kamu mengetahui pasar yang akan kamu sasar nantinya, kamu harus menentukan produk yang akan kamu jual nantinya. Tentu, produk yang kamu jual harus sesuai dengan kriteria dan kondisi pasar yang sebelumnya sudah kamu tentukan.

Selain itu, kamu jangan hanya membuat satu produk. Kamu perlu membuat varian dari produk utama milikmu. Kamu juga harus membuat produk lain yang bisa membuat kamu meraih pasar yang lebih luas.

Variasi dan jenis produk yang banyak perlu kamu agar pembeli juga tertarik untuk berbelanja lebih banyak di toko online milikmu.

  1. Pilih supplier yang murah, tetapi berkualitas

Setelah menentukan produk yang akan kamu jual, kamu perlu mencari supplier yang memiliki kualitas tinggi, tetapi harganya murah. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar, tetapi juga memiliki produk dengan kualitas nomor satu.

Selain itu, kamu juga harus mencari supplier yang berkualitas dalam kerja sama agar kamu tidak tertipu dan bisa mendapatkan partner jangka panjang yang baik. Dengan demikian, kamu nantinya tidak perlu repot-repot untuk mencari supplier lain lagi.

  1. Susun strategi promosimu sebaik mungkin

Variasi dan jenis produk yang bagus tidak akan bisa terjual banyak jika strategi promosi yang digunakan tidak baik. Oleh karena itu, kamu perlu menyusun strategi promosi sebaik mungkin yang kamu bisa.

Kamu bisa menggunakan strategi membuat promo lebih dulu pada awal pemasaran produkmu. Biasanya, strategi promo ini bukan hanya untuk menggaet langganan tetap, tetapi juga melihat respons pasar terhadap produkmu.

Biasanya, produk yang memiliki rasa dan kualitas bagus akan tetap ramai, meskipun promonya sudah habis. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan strategi promosi endorse selebgram atau selainnya.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa memberikan promo pada momen-momen tertentu agar lebih menarik pelanggan dan menyesuaikan dengan kondisi pasar saat momen tersebut.

  1. Lakukan Evaluasi dan Terus Belajar

Tips terakhir tentunya kamu harus melakukan evaluasi secara terus menerus agar bisnis kuliner online milikmu semakin berkembang. Selain itu, kamu juga harus terus belajar berbagai jenis promosi atau strategi manajemen yang bisa kamu gunakan.

Dengan kamu melakukan evaluasi, kamu akan mengetahui bagian-bagian mana saja yang perlu kamu perbaiki dalam bisnis kuliner online milikmu. Dengan demikian, kamu bisa terus memperbaiki kualitas bisnis kuliner online milikmu.

Nah, itu tadi sekilas mengenai tips bisnis kuliner online yang bisa kamu coba dan lakukan di masa pandemi kali ini. Masa pandemi memang membuat semuanya menjadi lebih sulit. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan apapun, bukan? Yuk, coba dulu aja! Selamat mencoba dan semoga sukses ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *