5-peluang-bisnis-kuliner

5 Peluang Bisnis Kuliner Tradisional yang Kekinian Mudah, Laris dan Tahan Lama

Bisnis kuliner kekinian menjadi primadona yang cukup diminati banyak pebisnis pemula saat ini. Selain pasarnya yang luas, peluang bisnis kuliner kekinian juga dinilai lebih mudah kalau ingin balik modal. Tapi, bisnis kuliner kekinian rupanya tak cuma melulu soal makanan yang lagi viral.

Rupanya, jajanan atau makanan tradisional yang asli Indonesia juga bisa dijadikan bisnis kuliner kekinian yang mudah dan tentunya laris tahan lama. Kira-kira, apa saja bisnis kuliner tradisional yang kekinian, mudah dibuat dan laris tahan lama? Berikut ulasannya.

  1. Seblak dengan Variasi

Kamu tentu dengan makanan khas dari Tanah Pasundan ini, kan? Ya, seblak memang menjadi salah satu kuliner tradisional yang ramai diserbu pengunjung. Bahkan, seblak yang dulunya cuma dikenal di Jawa Barat, kini sudah merambah ke seluruh Indonesia.

Nah, kamu bisa mencoba untuk membuka bisnis kuliner kekinian dengan menu utama seblak. Kamu bisa menambahkan berbagai variasi di menu seblak yang akan kamu jual. Misalnya, kamu bisa mengolaborasikan seblak dengan kuah khas samyang yang lagi digandrungi banyak kaum milenial.

Selain itu, berbagai jenis macam topping, seperti dimsum, fishroll, makaroni, sosis, dan masih banyak lagi juga bisa kamu tambahkan ke menu seblak kamu. Yakin deh, seblak selalu ada saja penggemarnya, tinggal bagaimana kamu mengatur dan menyusun strategi bisnismu.

  1. Cireng Aneka Sambal

Tanah Pasundan sepertinya punya banyak jajanan tradisional yang digemari banyak kalangan. Cireng tentu jenis makanan yang sudah sering kamu dengar. Makanan ini termasuk sangat sederhana karena hanya terbuat dari campuran tepung kanji dan bumbu-bumbu pilihan.

Nah, dengan proses pembuatan mudah dan modal yang sedikit, cireng bisa kamu jadikan opsi bisnis kuliner kekinian tradisional yang kamu fokusi. Kamu bisa melakukan berbagai inovasi pada menu cireng yang kamu tawarkan.

Misalnya, kamu bisa membuat varian cireng dengan rasa, seperti cireng pedas, cireng gurih, cireng asin, dan cireng original. Selain itu, kamu juga bisa membuat varian sambel cocolan cireng agar lebih enak dan menarik pasar. Contoh, sambel samyang, sambel rujak, sambel bawang, sambel matah, dan masih banyak lagi.

  1. Tahu Walik

Ada yang pernah dengar kuliner tahu walik? Ya, kuliner ini sangat terkenal di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Nah, bagi kamu yang memiliki ide bisnis kuliner kekinian bertemakan tahu, kamu bisa coba kuliner tahu walik ini.

Kamu bisa membuat variasi isian tahu walik pada menu kamu. Misalnya, tahu walik isi bakso sapi, tahu walik isi bakso ayam, tahu walik mercon, atau tahu walik isi petis.

Selain itu, kamu juga bisa membuat variasi pada sambel yang dipakai pendamping makan tahu walik ini. Jangan lupa ya, kemasannya dibuat secantik mungkin agar pelanggan semakin jatuh cinta dengan produk tahu walikmu.

  1. Es Dawet Boba

Kamu tahu es dawet? Ya, minuman khas dari daerah Jawa Tengah ini memang sangat cocok untuk diminum di siang hari yang terik. Kalau di daerah Jakarta, mungkin kamu menyebutnya dengan sebutan es cendol.

Minuman es dawet ini sebenarnya bisa kamu jadikan peluang bisnis kuliner kekinian yang sangat prospek. Tentunya, dengan menambahkan unsur kekinian, seperti boba misalnya.

Saat ini, segala minuman berbahan boba pasti sangat laris di pasaran. Nah, teksturnya yang kenyal seperti cendol atau dawet ini bisa kamu padukan dalam satu varian minuman bernama Es Dawet Boba. Gimana? Tertarik mencoba bisnis minuman tradisional kekinian ini?

  1. Kue Cubit

Buat kamu yang ingin nostalgia masa kecil, pasti ingat sekali dengan makanan bernama kue cubit. Kue manis yang dilengkapi dengan topping meses ini pasti selalu primadona anak sekolah zaman dulu.

Namun, kue cubit kini tak hanya jadi primadona anak sekolah. Rupanya, kue cubit sukses menjadi populer dan masuk ke kafe-kafe ternama sebagai salah satu menu favorit di sana.

Nah, kamu juga bisa mencoba peluang bisnis kuliner kekinian tradisional yang satu ini. Kamu bisa menambahkan berbagai topping kekinian, seperti oreo, taro, cappucino, dan bahkan boba. Dijamin, kue cubit tradisionalmu bakal laris dan ramai pembeli.

Nah, itu tadi lima peluang bisnis kuliner kekinian tradisional yang mudah dibuat dan tentunya laris tahan lama. Siapa sih yang tidak suka dengan makanan di atas? Pasti banyak penggemarnya, tinggal bagaimana cara kamu menyusun dan mengeksekusi strategi bisnis kuliner kekinian milikmu. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *