resep ayam bakar madu

Resep Ayam Bakar Madu Lezat nan Istimewa untuk Disantap Bersama Keluarga

Resep ayam bakar madu seringkali dicari oleh para penggemar kuliner. Pasalnya, makanan olahan yang berasal dari bahan utama berupa ayam yang dibakar dengan bumbu madu ini memiliki cita rasa lezat nan legit.

resep ayam bakar madu
Sumber Image : MyDelicousMess

seperti halnya ayam bakar taliwang, ayam bakar madu merupakan perkembangan dari olahan daging ayam yang biasa dijual di pasaran. Namun, diberi sedikit tambahan inovasi beberapa bumbu dan bahan tertentu. Salah satunya adalah madu.

Komposisi madu yang meresap hingga ke setiap lapisan daging ayam membuat teksturnya jadi lebih terasa empuk. Apalagi bumbu yang digunakan merupakan rempah asli Indonesia yang sudah pasti menciptakan perpaduan rasa sempurna ketika masuk ke dalam mulut.

Masakan ini juga memiliki aroma yang khas dan jelas lebih kuat ketimbang ayam bakar lainnya. Bahkan, kuliner satu ini tidak memiliki rasa pedas sama sekali sehingga bisa diterima oleh berbagai kalangan. Baik itu orangtua maupun anak-anak.

Apalagi jika disajikan dengan nasi putih hangat dan aneka lalapan berupa timun, kol, atau daun selada. Jangan lupa tambahkan sambal jika Kamu adalah pecinta kuliner pedas. Dijamin, sajian kuliner istimewa ini mampu menggugah selera makan siapa saja.

Resep ayam bakar madu istimewa

Bagi Kamu yang sudah tidak sabar untuk menyantap ayam bakar madu bersama keluarga di rumah, berikut ini resep ayam bakar madu yang bisa Kamu coba.

Bahan yang diperlukan

Bahan utama:

  • 1 ekor ayam kampung yang telah dipotong menjadi 4 bagian sama besar (Bisa juga gunakan ayam boiler).
  • 1 cm jahe yang telah dimemarkan
  • 2 cm lengkuas yang telah dimemarkan
  • 4 sdm madu
  • 1 ½ sdt asam jawa
  • 1 ½ sdt gula jawa
  • 1 L air untuk memasak
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih ukuran sedang
  • 6 siung bawang merah ukuran sedang
  • ½ sdt ketumbar
  • ½ sdt merica bubuk
  • 2 cm kunyit

Bumbu olesan ayam bakar:

  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • 1 sdm margarin yang telah dicairkan
  • 1 sdm kecap manis
  • 3 sdm madu

Cara membuat ayam bakar madu

Langkah pertama yang perlu Kamu perhatikan dalam memasak ayam bakar madu ini adalah menumis bumbu yang telah dihaluskan (bumbu halus). Kemudian, tambahkan jahe dan lengkuas yang telah dimemarkan ke dalam bumbu tersebut sembari diaduk. Tumis hingga benar-benar matang dan tercium aroma harum.

Berikutnya adalah memasukkan ayam. Tumis ayam selama beberapa menit hingga setengah matang, lalu tambahkan air. Pastikan ayam tersebut benar-benar terendam air. Setelah itu, tambahkan asam jawa, madu, gula jawa, garam, dan penyedap rasa. Kemudian, tutup rapat-rapat hingga ayam matang dan bumbu meresap ke dalam daging dengan sempurna.

Setelah beberapa saat dimasak, buka penutup, lalu koreksi rasa. Apabila rasa yang dihasilkan dari perpaduan bumbu-bumbu tadi sudah pas menurut Kamu, maka segera matikan api kompor. Jika belum pas, silakan tambahkan bumbu sesuai selera sebelum meniriskan ayam untuk persiapan dibakar.

  • Cara membakar ayam madu yang benar

Meski terkesan mudah, tapi membakar ayam madu ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, jika terlalu lama dan tidak menggunakan teknik yang benar, maka rasa dari sajian ini pasti tidak akan sesuai ekspektasi Kamu. Belum lagi dengan risiko hangus karena terlalu lama dibakar. Oleh sebab itu, Kamu harus memperhatikan langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama, campurkan semua bumbu olesan yang tadi sudah Kamu siapkan. Oleskan bumbu tersebut pada ayam yang telah ditiriskan menggunakan kuas khusus makanan. Kemudian, bakar ayam di atas bara api pembakaran hingga bumbu olesan di permukaan daging ayam mengering. Olesi lagi ayam tersebut dengan bumbu hingga merata.

Langkah kedua, bakar ayam sekali lagi di atas bara api pembakaran hingga bumbu olesan kedua di daging ayam tersebut mengering. Lakukan tahapan ini secara berulang kali hingga ayam benar-benar matang sempurna dan warnanya berubah menjadi kecokelatan.

Pastikan bara api tidak terlalu besar agar ayam tidak cepat hangus terbakar. Sebab, hal ini bisa mengubah rasanya menjadi pahit dan tidak lezat lagi untuk dinikmati.

Setelah ayam matang dan terlapisi bumbu, segera angkat. Ayam bakar madu lezat dan istimewa pun siap untuk Kamu santap bersama keluarga ataupun kerabat terdekat. Itu tadi resep ayam bakar madu istimewa yang bisa Kamu coba sendiri di rumah.

Selain mudah, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hidangan ini juga gampang dicari, Kamu bisa membeli daging ayam dengan sangat mudah melalui aplikasi meyerfood, Ayam dijamin sehat, higienis dan halal.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *