supplier ayam meyerfood

6 Tips Pilih Supplier Ayam Untuk Bisnis Kuliner Agar Usahamu Lancar

Bagi kamu yang sedang atau hendak menjalani bisnis kuliner, khususnya olahan daging ayam, pasti bertanya-tanya apa sih tips memilih supplier ayam untuk bisnis kuliner agar bisnis kamu lancar. Ya, itu karena ayam akan sangat penting bagi kelangsungan hidup bisnis kulinermu.

Selain itu, kamu bisa memastikan bahwa kualitas dan pelayanan dari bisnis kulinermu akan terus semakin membaik dengan adanya supplier ayam yang bagus. Lalu, apa saja tips memilih supplier ayam untuk bisnis kuliner? Berikut ulasannya.

  1. Kualitas Daging Ayam Bagus

Tips yang pertama adalah pastikan kualitas daging ayam yang dimiliki oleh supplier tersebut merupakan kualitas daging ayam yang bagus. Hal itu dikarenakan dengan kualitas supplier yang tinggi, daging olahan yang kamu buat tentunya juga akan memiliki kualitas tinggi.

Kamu bisa memastikan apakah kualitas daging ayam yang ditawarkan supplier itu bagus atau tidak itu dari pengolahan yang dilakukan oleh pihak supplier. Mulai dari penyembelihannya, proses penyimpanannya ke dalam freezer, dan kebaruannya tiap klien memesan daging.

Selain itu, kalau bisa kamu mencari supplier ayam yang sudah memiliki izin atau label halal dari MUI. Dengan demikian, kamu secara pasti akan semakin tenang dengan supplier ayam yang kamu pilih

  1. Stok Barang Selalu Ada

Selain faktor kualitas, faktor kuantitas rupanya perlu kamu perhatikan juga saat memilih supplier ayam untuk bisnis kuliner milikmu. Sebisa mungkin, cari supplier ayam yang selalu memiliki stok barang.

Dengan kata lain, supplier ayam itu selalu menyiapkan daging ayam ready stock yang bisa dipesan sewaktu-waktu. Hal ini bisa membantu kamu saat kamu membutuhkan daging ayam sewaktu-waktu.

Coba saja kalau supplier ayam yang kamu pilih tidak memiliki barang ready stock banya, tentu kamu akan kebingungan dan proses produksi bisnis kulinermu juga terhambat.

  1. Repeat Order dan Bertanggung Jawab

Mengapa repeat order menjadi salah satu hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih supplier ayam? Biasanya, supplier yang sudah benar-benar profesional dan memiliki tingkat kepercayaan tinggi dari konsumennya, mereka akan menawarkan repeat order.

Repeat order ini biasanya dalam bentuk kerja sama antarkedua belah pihak. Selain itu, keberanian untuk menawarkan repeat order kepada pelanggan ini biasanya menunjukkan kesiapan mereka untuk memberikan stok daging ayam sewaktu-waktu.

Tak hanya itu, sebisa mungkin kamu harus bisa mencari supplier ayam yang benar-benar bertanggung jawab agar kamu tenang saat mengambil barang dari supplier ayam tersebut.

  1. Fast Response

Tak hanya punya banyak stok yang siap dipesan, tapi supplier ayam yang kamu pilih harus fast response. Hal itu agar supplier ayam yang kamu pilih mudah memberikan respons saat kamu membutuhkan stok daging ayam segar untuk kebutuhan usaha kulinermu.

Selain itu, kamu juga bisa segera menghubungi apabila ada retur barang yang tidak sesuai dengan pesananmu. Dengan fast response, supplier akan bisa segera mengirim barang ganti ke tempatmu sehingga kamu tetap bisa mendapatkan suplai daging untuk usaha kulinermu.

  1. Harga Sesuai Budget

Tips selanjutnya adalah sebisa mungkin carilah supplier ayam yang sesuai dengan budget yang sudah kamu tentukan. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah dalam proses manajemen keuangan dari usahamu.

Terlebih lagi, kamu bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan apabila kamu mampu mendapatkan supplier dengan harga rendah tapi kualitasnya cukup tinggi. Dengan demikian, kamu tidak akan mendapatkan kerugian.

  1. Pilih Supplier yang Sewilayah dengan Usahamu

Tips terakhir adalah pilihlah supplier daging ayam yang memiliki lokasi dekat dengan usaha milikmu. Selain menghemat biaya antar, supplier ayam yang berada dekat dengan usahamu akan membuatmu lebih mudah mengontrol kualitas daging ayam yang kamu pesan.

Kamu bisa secara langsung berada di tempat pemotongan atau supplier daging ayam untuk menyaksikan proses mulai dari ayam yang masih hidup hingga ayam yang sudah siap diantar ke lokasi usaha kulinermu.

Dengan demikian, kamu juga tidak akan merasa rugi karena mendapatkan daging ayam yang sesuai dengan ekspektasi dan kualitas yang kamu inginkan.

Nah, itu tadi 6 tips memilih supplier ayam untuk bisnis kuliner agar bisnismu berjalan lancar. Kamu juga bisa melihat banyak review supplier ayam di internet untuk meyakinkan dirimu.

Selamat mencoba dan semoga sukses ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *