bisnis catering

5 Peluang Bisnis Kuliner yang Menjanjikan, Modal Kecil Untung Berlipat

Bisa memanfaatkan peluang bisnis kuliner yang menjanjikan tentunya menjadi idaman bagi para pebisnis kuliner, baik pemula atau yang sudah memiliki bisnis sendiri. Salah satu kriteria bisnis kuliner yang menjanjikan adalah membutuhkan modal yang kecil tapi bisa menghasilkan keuntungan berlipat.

Kira-kira ada tidak ya bisnis kuliner seperti itu? Ternyata ada loh, apa saja itu? Yuk, intip 5 peluang bisnis kuliner yang menjanjikan dengan modal kecil tapi untung berlipat.

  1. Gorengan

Siapa sih yang tidak suka gorengan? Kuliner satu ini tentu jadi makanan sejuta umat di Indonesia. Bahkan, bisa dibilang makanan ini sudah jadi makanan khas di Indonesia yang belum tentu di negara lain ada.

Banyak banget jenis gorengan, mulai dari tempe, tahu, bakwan, pisang goreng, tape goreng, dan masih banyak lagi. Nah, rupanya untuk membuka bisnis kuliner gorengan, kamu tidak perlu banyak keluar modal, loh.

Kamu hanya perlu menyiapkan alat-alat masak dan berbagai bahan tergantung jenis gorengan yang mau kamu buat. Kamu pun tidak harus memiliki lapak sendiri untuk berjualan. Kamu bisa mulai dari menitipkan gorengan kamu di warung-warung makan atau di penjaja keliling yang sering lewat depan rumahmu.

Nah, kalau kamu tekun dan bersabar dalam menjalani bisnis gorengan ini, hasilnya bisa berlipat-lipat loh. Contoh aja dr. Tirta, dulu awalnya dia jualan gorengan, mau seperti dia?

  1. Aneka Kripik

Selain gorengan, masyarakat Indonesia juga khas dengan berbagai jenis kripik. Jajanan renyah yang satu ini juga menjadi makanan khas dari Indonesia yang bahkan belum tentu ada di luar negeri.

Bahkan, Indonesia bisa dibilang memiliki beragam jenis kripik dari berbagai daerah. Nah, kamu bisa juga nih untuk menjual berbagai macam kripik khas daerah-daerah Indonesia. Atau, kamu juga bisa membuat kripik mainstream dengan variasi rasa atau pengemasan.

Modal yang dibutuhkan pun tergolong kecil dan mudah. Kamu tinggal bermodal seperti jajanan gorengan tadi dan kamu bisa menitipkan kripikmu ke toko-toko makanan atau pusat oleh-oleh.

Siapa tahu kan kamu bisa mendirikan toko keripik sendiri atau pusat oleh-oleh sendiri yang menjual kripik buatanmu suatu saat nanti?

  1. Catering

Kalau kamu berpikir usaha catering harus membutuhkan modal yang besar dan pegawai yang banyak, cara pandang kamu sepertinya harus diperbaiki. Usaha catering rupanya tidak melulu harus besar seperti beberapa catering terkenal yang kita ketahui.

Kamu bisa kok mulai dari yang paling kecil dengan membuatkan catering untuk orang-orang yang memang sibuk dan memiliki waktu kerja yang sangat padat. Kamu bisa menjadikan pekerja kantoran, anak sekolahan, mahasiswa, dan pekerja-pekerja lapangan yang tidak sempat memasak.

Nah, hal yang perlu kamu perhatikan, kamu harus bersabar dan terus menjaga kualitas masakanan dan pelayananmu ke pelanggan. Kalau sampai bisa sukses, rupanya bisnis catering kecil-kecilan bisa mendatangkan untung hingga belasan juta! Apalagi kalau catering besar ya, bisa berapa banyak tuh?

  1. Food Blogger dan Vlogger

Peluang bisnis kuliner yang menjanjikan rupanya bukan hanya mencakup jual beli makanan. Akan tetapi, kamu juga bisa menjadi orang di balik layar yang memberikan pengetahuan, liputan, dan berbagai resep kuliner kepada orang lain.

Kamu bisa menjadi food blogger atau food vlogger dengan modal minim. Kamu hanya perlu kemampuan menulis, laptop, jaringan internet, dan kamera ponsel, kamu sudah bisa menjadi food blogger dan food vlogger loh.

Syukur-syukur, kontenmu banyak yang suka dan melihat. Kamu bisa menjadi endorser untuk produk-produk makanan tertentu yang tentunya penghasilannya setara dengan selebgram. Mau jadi food blogger atau food vlogger?

  1. Aneka Roti dan Kue

List terakhir dalam peluang bisnis kuliner yang menjanjikan kali ini adalah aneka roti dan kue. Roti dan kue rupanya bisa menjadi salah satu ide bisnis homemade yang cukup mudah dan dengan modal kecil.

Kalau memang kamu belum memiliki modal yang cukup untuk membuat kue yang wah dan sangat mahal, kamu bisa kok membuat kue-kue atau roti sederhana yang diberi sentuhan kekinian.

Jadi, kue dan roti bakal tetap laris meskipun bukan termasuk kue atau roti yang mewah. Selain itu, kamu juga tidak perlu dulu mendirikan kue roti, kamu bisa memulainya dengan menitipkan kue atau roti buatanmu ke toko-toko di sekitar lingkunganmu.

Nah, itu tadi 5 peluang bisnis kuliner yang menjanjikan dengan modal kecil, tapi menawarkan untung berlipat. Kamu bisa melakukan kelima usaha tadi dengan hanya di rumah saja tanpa membeli tempat untuk tokomu. Tapi, tentunya kamu harus bersabar dan tekun dalam mengembangkan usahamu. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *